Join The Community

IKLAN

Search

Sabtu, 01 September 2012

Cara Membuat INSTALER Windows 7 Dan XP Menggunakan Flashdisk

Bagi siswa SMK AL-ISLAM wajib bisa instal ulang PC/Laptop, Nah berhubungan dengan instal ulang windows ada caranya nih untuk instal ulang di NOTEBOOK yang gak ada CD Drive,nya.
Cara ini cukup mudah kok, Langsung aja nih tak kasih caranya.






1. Persiapkan flashdisk dengan minimal kapasitas 4GB, karena installer Windows 7 berukuran sekitar 3GB. 2. Backup dahulu data-data yang ada di flashdisk karena flashdisk akan diformat.
3. Persiapkan DVD installer Windows 7 atau image file-nya (misal file .iso , .nrg).
4. Untuk membuat bootable flashdisk ini, gunakan komputer yang mempunyai CD/DVD drive atau menggunakan virtual drive jika menggunakan image file karena akan diperlukan nantinya.
5. Saya asumsikan sistem operasi yang Anda gunakan sekarang adalah Windows Vista atau Windows 7 sendiri (sebenarnya Windows XP juga bisa, tetapi ada beberapa langkah yang berbeda). Pada posting ini saya menggunakan Windows 7.


Langkah-langkah untuk membuat bootable flashdisk Windows 7:

1. Masukkan Flashdisk ke USB port.

2. Buka Command Prompt dengan cara klik Start >> All Program >> Accessories >> klik kanan pada Command Prompt >> pilih Run As Administrator. (Ingat, harus Run As Administrator, jika klik biasa, ada beberapa perintah tidak bisa berjalan dengan lancar)

3. Ketik perintah diskpart, tekan Enter. Maka prompt akan berubah menjadi DISKPART>

4. Selanjutnya ketik list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer Anda. Selanjutnya akan muncul list disk yang ada di komputer Anda. Flashdisk Anda adalah disk dengan ukuran sekitar 3700 – 3800 MB jika Anda menggunakan flashdisk 4GB.

5. Lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk. Jangan lupa backup data-data Anda. Ketik peritah – perintah berikut. Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter.


select disk 1 -> 1 adalah disk yang ingin diformat / flashdisk 4GB, silahkan sesuaikan dengan keperluan Anda

clean

create partition primary

select partition 1

active

format fs=NTFS

assign

exit

Jangan tutup jendela command prompt



6. Setelah berhasil diformat, selanjutnya kita akan membuat flashdisk menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows Vista maupun Windows 7.

7. Masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive komputer Anda atau bisa juga dari file .iso dengan virtual drive. Catat drive letter DVD Drive dan Flashdisk.

8. Lalu ubahlah ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:

F:

F:cd boot

Dengan F adalah drive DVD, sesuaikan dengan drive DVD Anda.

9. Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:

bootsect /nt60 G:

Dengan G adalah drive flashdisk, sesuaikan dengan drive flashdisk Anda.



Sekarang Anda dapat menutup windows command prompt Anda.

10. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda (dalam tutorial ini adalah F) ke flashdisk Anda (dalam tutorial ini adalah G).

11. Bila semua file telah di-copy, sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable. Anda dapat mengetesnya dengan melakukan booting melalui flashdisk.


0 komentar:

Poskan Komentar