Rabu, 13 Juni 2012

3 Tips agar Presentasi Anda Sukses


Public Speaking merupakan hal penting yang musti dikuasai jika anda bekerja dalam bidang yang lekat dengan presentasi. Tengoklah Steve Jobs, yang lewat presentasi sederhananya, ia mampu membawa Apple menjadi brand bernilai tinggi serta memiliki kredibilitas bagi para pengguna setianya. Presentasi yang baik tentu saja akan mengangkat nilai perusahaan anda, serta mengangkat nilai anda di mata para petinggi perusahaan.
Saya andaikan, jika anda bekerja dengan sebuah rekan anda sebagai tim, namun anda berdua adalah dua pribadi yang sangat berbeda. Anda adalah orang yang mampu menyiapkan bahan atau materi (teknis) yang sangat kuat untuk mendukung keberhasilan presentasi. Sementara, teman anda tidak memiliki keahlian seperti anda. Teman anda itu hanya memiliki kemampuan berbicara yang sangat baik. Jika digabungkan, anda berdua akan menguasai presentasi tersebut. tetapi, siapakah yang akan mendapat apresiasi dari petinggi perusahaan tempat anda dan rekan anda bekerja?
Oleh sebab itu, menguasai teknik dasar public speaking sangat disarankan untuk menjadi pribadi yang memiliki nilai lebih. Beberapa cara sederhana untuk mebuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup adalah :

1.Pernafasan dan Kalimat
 Yang perlu anda lakukan sesampainya di hadapan orang-orang, adalah tarik nafas dalam-dalam sambil mengumbar sebuah senyuman ringan kepada seluruh audiens. Ciptakan sebuah ikatan emosional lewat senyuman. Dengan terlebih dahulu tersenuyum, maka suasana presentasi akan sedikit lebih cair dan bersahabat, karena tidak menampilkan keseriusan yang membosankan.
Lalu, gunakan kalimat pembuka yang memiliki kekuatan dan mampu menarik perhatian audiens. Misalnya “Apakah anda tahu cara paling cepat untuk jadi kaya? ….. Mencuri” kalimat tersebut akan sangat mudah membuat perhatian langsung tertuju pada anda. Dan, sepanjang presentasi, sebaiknay gunakan orientaasi Saya – Anda – Kita


2. Kontak Dengan Audiens
Kontak mata dalam sebuah presentasi memang sudah biasa dan sangat vital. Bagaimana dengan kontak batin? Nah, anda perlu melatih diri dengan cara memainkan emosi para audiens. Jurus mudahnya adalah dengan cara mengangkat kisah sukses yang inspiratif. Hal positif jika disampaikan dengan cara yang benar akan menarik perhatian lebih baik juga.
Nah, untuk kontak mata, anda musti jeli mencari siapa orang yang memperhatikan presentasi anda. Pastikan perhatian dia tetap pada anda dengan cara memelihara kontak mata. Gunakan tatapan ramah dan penuh arti, bukan atapan kosong atau sambil lalu.

3. Interaksi
Interaksi merupakan saat – saat yang menentukan. Karena pada saat interaksi, anda bisa menilai seberapa besar presentasi anda berhasil sampai kepada audiens anda. Jika terdapat audiens yang bertanya mengenai presentasi anda, bisa jadi presentasi anda sangat berhasil. Tetpi, bukan tidak mungkin juga jika presentasi anda justru banyak kesalahan sehingga menimbulkan banyak kritik dan koreksi.

 http://jadiberita.com/2012/05/29/tiga-tips-agar-presentasi-anda-sukses/




Disqus Comments